20 February, 2007

 

Pasca Banjir Besar di Jabodetabek

Salam online teman2 semua...

Happy Chinese New Year..Gong Xi Fat Cai,yang artinya semoga keberuntungan dan kemakmuran menyertai kita semua di tahun Babi ini!

Apa kabar? Bagaimana keadaan teman2 semua? Semoga semua dalam keadaan baik dan sehat.

Mevy mau kilas balik ke tanggal 2 Februari 2007, tepatnya hari jum'at, di awal bulan february,dimana ada 2 hari spesial yaitu hari Valentine dan Imlek.Namun kala itu, banyak jalanan yang sudah tergenang dengan air. Memang semalam hujan turun sangat lebat, rasanya baru kali ini Mevy merasakan air hujan turun seperti berember-ember air disiram ke bumi. Hasilnya jalanan yang tadinya kering, sekarang tergenang dengan air.

Waktu itu Mevy pikir banjir akan cepat surut, karena hujan sudah berhenti, tapi diluar dugaan, air semakin naik dan naik...wah Mevy panik sekali.
Mevy jadi teringat lagu masa kecil, yang dinyanyikan oleh Bobby+Titiek Sandora, kira2 potongan lirik lagunya seperti ini: "Mak....Banjirrrr...hujan lagi, eh banjir lagi...hujan..semua orang suka hujan..hujan...asal jangan kebanyakan, habis buang sampah pada sembarangan...(kira2 seperti itu liriknya, sorry Mevy sudah agak lupa, teman2 ada yang masih punya kasetnya?) Memang dari dulu sampai sekarang, Jakarta tidak pernah lepas dari banjir ya?
Bahkan di bulan ini banjir menyebar kemana-mana, tidak hanya di Jakarta saja, Bekasi, Depok, Tangerang...semua kebanjiran.

Saat itu, Mevy cuma bisa dengar informasi dari radio, karena listrik sudah mati. Di daerah Cipinang, banjir sudah sampai 2meter lebih/atap rumah, perumahan Bekasi juga terkena banjir besar, Kelapa Gading, Sunter, Cengkareng, Kapuk, dan masih banyak lagi. Menurut informasi, banjir sudah mengenangi hampir 70% Jakarta.
Banyak rumah yang rusak bahkan hilang ditelan banjir ini. Kerugiannya akibat bencana ini sangat besar. Sungguh memprihatinkan.Semoga tidak terulang lagi.

Akhirnya setelah lewat hampir seminggu, banjir surut juga. Duh lega deh rasanya. Sekarang tinggal membersihkan rumah-rumah, sekolah2, kantor2 yang sudah terendam banjir berhari-hari.
Rupanya setelah banjir, bermacam-macam penyakit bisa timbul, misalnya :
infeksi saluran pernapasan akut, infeksi saluran pencernaan, penyakit kulit, demam berdarah, dan leptospirosis.
Habis banjir kemarin, Mevy terkena batuk pilek, sampai seminggu,dan sekarang baru sembuh.

Mevy merasa informasi itu sangat penting, dalam kesempatan ini, Mevy ingin berbagi informasi yang mungkin bisa berguna untuk teman2 mengenai penyakit2 pasca banjir, supaya kita bisa mencegah dan terhindar dari berbagai penyakit tersebut.Mevy ambil dari www.pom.go.id,tapi Mevy akan posting terpisah, untuk kali ini, informasi mengenai ISPA.

1.ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) / Acute Respiratory Infections (ARI)

- Infeksi :masuknya kuman atau mikroorganisma ke dalam tubuh manusia dan berkembang biak sehingga menimbulkan gejala penyakit, misalnya:
- Saluran pernafasan : organ mulai dari hidung hingga alveoli beserta organ adneksanya seperti sinus-sinus, rongga telinga tengah dan pleura. ISPA secara anatomis mencakup saluran pernafasan bagian atas, saluran pernafasan bagian bawah (termasuk jaringan paru-paru) dan organ adneksa saluran pernafasan. Dengan batasan ini, jaringan paru termasuk dalam saluran pernafasan (respiratory tract). Contohnya:
- Infeksi akut : infeksi yang berlangsung sampai dengan 14 hari. Batas 14 hari diambil untuk menunjukkan proses akut meskipun untuk beberapa penyakit yang dapat digolongkan dalam ISPA proses ini dapat berlangsung lebih dari 14 hari.
  1. Penyebab ISPA :
    • Virus
    • Bakteri
    • Riketsia
  2. Penggolongan ISPA, ISPA dapat dibedakan menjadi :
    • ISPA non-pneumonia : dikenal masyarakat dengan istilah batuk-pilek.
    • Pneumonia : apabila batuk pilek disertai gejala lain, seperti kesukaran bernapas, peningkatan frekuensi napas (napas cepat).

  3. Hal yang perlu diperhatikan setelah diketahui jenis ISPA yang diderita adalah :
    • Tindakan pengobatan sendiri hanya dapat dilakukan pada ISPA non pneumonia yaitu pada keadaan batuk-pilek ringan.
    • Jika dalam waktu 4 hari penderita tidak sembuh, atau timbul gejala pneumonia, utamanya pada anak balita, segera konsultasikan ke dokter atau unit pelayanan kesehatan.
Semoga bisa memberikan manfaat.
Sampai jumpa lagi.

Salam hangat,
Mevy


Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?



Free Business Listings – Submit your business and company listing in the Top 10 Free Business Listings Directory for FREE



Kasih tahu Teman Saya tentang Blog Mevy <<==